TNBKDS Adakan Symposium Hasil-Hasil Penelitian

0
68
Symposium (ilustrasi) oleh Anneahira

Pontianak, swaraperiau.com – Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS) akan mengadakan symposium hasil-hasil penelitian di TNBKDS. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan efektifitas pengelolaan kawasan TNBKDS. Salah satunya dengan tersusunnya grand strategi pelaksanaan penelitian 10 tahun kedepan di kawasan TNBKDS, Selasa (21/11).

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 24-25 november 2017 mendatang, akan dilaksanakan di Hotel Orchardz, Jl. Gajah Mada No. 99 Pontianak, Kalimantan Barat. Pihak-pihak yang turut diundang sebagai peserta dalam symposium tersebut diantaranya: Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Lembaga Internasional/NGO/CSO, Akademisi dan Perwakilan Mahasiswa dari Universitas Tanjungpura Pontianak.

Ruang lingkup dari pertemuan tersebut terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama ekspert panel dengan konsep talk show yang akan menghadirkan Dirjen KSDAE, peneliti senior LIPI dan beberapa Dekan Fakultas Kehutanan di Indonesia. Pada tahap dua, paparan dan diskusi dari peneliti yang rutin melakukan penelitian di kawasan TNBKDS. Sesi terakhir akan dilakukan perumusan hasil dari kegiatan symposium.

Symposium yang berlangsung selama dua hari tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan kebijakan dan tema-tema utama terkait penelitian di TNBKDS, mengumpulkan data dan informasi penelitian-penelitian yang akan dilakukan di kawasan TNBKDS, menemukan langkah-langkah strategis dan tema-tema utama yang kongkrit untuk dilakukan penelitian dalam rangka mendukung efektifitas pengelolaan TNBKDS dan terbangunnya networking antara Balai Besar TNBKDS dengan lembaga-lembaga peneliti.

Berdasarkan tujuan-tujuan yang ingin dicapai, adapun output yang diharapkan adalah tersusunnya blue print sebagai grand strategi pelaksanaan penelitian 10 tahun kedepan di kawasan TNBKDS. Selanjutnya blue print tersebut akan menjadi panduan bagi para mitra atau jaringan serta lembaga-lembaga peneliti dalam merencanakan, melaksanakan dan menindak lanjuti hasil-hasil penelitian yang akan dilaksanakan. [Ben]

LEAVE A REPLY