Tim SGIP Lakukan Praktek Pembuatan Bakso Bersama Kelompok Perempuan

0
157
Peraktek membuat bakso bersama kelompok perempuan di Bunut

Bunut, swaraperiau.com – Tim SGIP Konsorsium Dian Tama lakukan pertemuan rutin bersama kelompok perempuan. Pertemuan ini dilaksanakan di Sub-Sentra Asosiasi Petikung Bunut Singkar (APBS). Dalam pertemuan ini dihadiri oleh sedikitnya 20 orang, yang terdiri dari pengurus dan anggota kelompok perempuan serta anggota asosiasi, Jumat (22/9).

Pada pertemuan rutin kali ini diisi dengan agenda praktek membuat bakso ikan. kegiatan ini diawali dengan diskusi mengenai perhitungan Harga Pokok Produksi (HPP), kemudian dilanjutkan dengan praktek pembuatan. Untuk bahan dasar yang digunakan yakni dari ikan toman dan baung.

Sri menuturkan, selain pelatih yang didatangkan dari luar, dipertemuan rutin ini anggota kelompok yang memang mempunyai keterampilan dan pengetahuan lebih, dilibatkan untuk bisa sharing dan berbagi ilmu kepada anggota lain.

“Diskusi bersama selain menghitung harga pokok produksi dan keuntungan kedepannya, kelompok harus mempersiapkan resep atau standart operasional produk untuk menjaga kwalitas produk. Saat ini setiap orang memiliki resep yang berbeda-beda,” ujar Anatalia Sri Lestari, selaku anggota Tim SGIP pada Konsorsium Dian Tama.

Sri menuturkan, peserta semangat dalam mengikuti pertemuan kali ini, karena diisi dengan praktek langsung, sehingga tidak membosankan. “Untuk hitungan secara umum mereka sudah hitung secara kasar, namun yang selalu terlewatkan ialah masalah upah tenaga kerja sendiri,” lanjut Sri.

Terkait rencana kegiatan bulan depan, Sri mengatakan bahwa rencananya akan membuat dodol dari labu kuning. “Untuk biaya produksi menggunakan uang kas kelompok dan hasilnya akan dijual,” tambah Sri. [Ben]

LEAVE A REPLY