Sinergikan Kegiatan dengan Melibatkan Kelompok Perempuan

1
289
Keterlibatan perempuan dalam pelatihan pembuaan pupuk Kompos. Doc: Konsorsium Dian Tama

Bunut, swaraperiau.com – “Survei keterlibatan perempuan dilakukan dengan maksud untuk melihat perkembangan dan kemajuan dari program yang dilakukan dalam mensinergikan kegiatan yang ada dengan melibatkan kelompok perempuan serta melihat peran dan tanggungjawab serta kehidupan sehari-hari, baik itu didalam keluarga, masyarakat maupun organisasi-organisasi yang ada ditingkat desa,” tutur Anatalia Sri Lestari, selaku koordinator pendamping kelompok perempuan, ketika melakukan survei keterlibatan perempuan di Rumah Adat Melayu, Desa Bunut Hilir, Minggu (5/03).

Sri melanjutkan, berdasarkan survei yang dilakukan secara garis besar sudah ada pembagian peran dalam keluarga terkait dengan pekerjaan yang selama ini dilakukan. “Dalam  kegiatan program yang dilaksanakan oleh Konsorsium Dian Tama, kelompok perempuan sudah diajak dan diikutkan dalam rapat-rapat, pelatihan pembuatan pupuk kompos yang dilakukan beberapa waktu lalu dan pelatihan drone yang dilaksanakan baru-baru ini,” tambah Sri

Sri memaparkan bahwa, Selain bentukan dari program yang dilaksanakan oleh Konsorsium Dian Tama, terdapat juga kelompok perempuan  yang memang sudah ada sebelum program ini dilaksanakan, seperti kelompok perempuan PKK, Masjelis Taklim, Rebana, dan kelompok perempuan Pembuat Kerupuk, yang dalam aktivitasnya masih berjalan sendiri-sendiri.

Kelompok perempuan yang telah terbentuk sudah mulai menunjukkan kemajuan, baik dalam aktivitas sehari-hari maupun pada aktivitas kelompok perempuan itu sendiri. “Sudah mulai ada diskusi yang dilakukan pada bulan februari lalu terkait dengan kegiatan kelompok untuk mengaktifkan kembali kelompok, dan pada bulan maret ini dituangkan dalam perencanaan bersama seperti praktek pembuatan kue, praktek pembuatan pupuk kompos yang akan diaplikasikan untuk tanaman sayur dan aka nada pertemuan di tingkat periau untuk aplikasi hasil pelatihan pengolahan ikan,” tutur Sri. (Ben)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY