Madu Hutan Kapuas Hulu

0
497
Sarang lebah Madu Hutan Kapuas Hulu. Doc: Tim Konsorsium Dian Tama/Irwan Kurniawan

Kalimantan Barat, khususnya Kabupaten Kapuas Hulu, merupakan salah satu daerah penghasil madu hutan terbaik Kalimantan, tak kalah dengan madu hutan yang kita kenal selama ini, yakni madu hutan Riau dan madu hutan Sumbawa.
Madu hutan merupakan satu diantara sekian banyak varian jenis madu yang diproduksi oleh Lebah. Disebut madu hutan karena dihasilkan oleh Lebah hutan. Di Kapuas Hulu, jenis lebah penghasil madu hutan adalah jenis Apis Dorsata yang hidup liar di alam. Pemanenannya dilakukan langsung dari alam oleh periau (petani madu tradisional).
Madu hutan Kapuas Hulu, merupakan salah satu produk unggulan masyarakat/petani madu Kapuas Hulu, yang keberadaannya tersebar di kawasan Danau Sentarum, DAS Labian-Leboyan, dan DAS Kapuas. Sebagai produk unggulan masyarakat, madu yang dihasilkan harus ada jaminan mutu, atau dengan kata lain madu yang bersertifikat. Internal Control System (ICS) atau sistem penjaminan mutu internal adalah sistem penjaminan yang disusun, dibuat sendiri oleh komunitas, kemudian diterapkan dan dipatuhi secara bersama-sama oleh komunitas, dalam menjaga mutu produk yang dihasilkan, yakni madu yang steril dan bersertifikat organik.
Kandungan madu sebagian besar adalah glukosa yang baik untuk metabolisme tubuh. Madu Kapuas Hulu diakui memiliki manfaat khusus yakni anti-oksidan, anti-aging, anti-biotik, dan anti-body.

LEAVE A REPLY