Luas Tutupan Hutan, Jadi Titik Fokus Penyelamatan

0
126
Assessment untuk mengetahui luas lahan tutupan bersama masyarakat Sekulat, sebagai langkah prepentip pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Doc: Tim Konsorsium Dian Tama

Sekulat, swaraperiau.com – Luas tutupan hutan di Kabupaten Kapuas Hulu menjadi titik fokus penyelamatan, terutama tentang kebakaran hutan dan lahan. Salah satu langkah untuk mencegah agar kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi, tim Konsursium Dian tama yang didukung oleh MCA-Indonesia melakukan Assessment di Desa Sekulat  Kecamatan Selimbau, Senin (27/2).

Sukarna, Ketua Asosiasi Periau Muara Belitung (APMB) mengatakan bahwa, titik rawan kebakaran di Desa Sekulat letaknya di Danau Batu, Sekulat dan Semanuk.
“Kebakaran terjadi karena ada sejenis rumput temparai yang tumbuh, ketika rumput itu mati, api mudah melahapnya dan rumput itu tumbuh hampir di semua danau,” kata Sukarna.

Sukarna menjelaskan, satu-satunya jalan menghindari kebakaran adalah memberikan kesadaran kepada masyarakat terkait kebakaran hutan dan lahan. Sekitar 95% masyarakat sudah sadar dan merespon itu dengan baik,  selebihnya tinggal 5% lagi pendekatan yang akan dilakukan kepada masyarakat.

Di Desa Sekulat parnah terjadi kebarakan kecil di tahun 2014. Kebakaran terjadi di Danau Sekulat. Masyarakat memadamkannya dengan bantuan alat yang diberikan, seperti mesin robin dan pompa gendong, yang diperoleh dari bantuan program TFCA dan Taman Nasioanal.

Sukarna berharap, kedepan dalam pemcegahan kebakaran hutan dan lahan diperlukan kendaraan All Terrain Vehicle (ATP) untuk membawa mesin ke lokasi kebakaran. (Fathul Birri)

LEAVE A REPLY