Lindungi Kawasan Danau Sentarum dengan Ekowisata di Semangit

0
244
Panorama Bukit Semujan, Kabupaten Kapuas Hulu. Doc: Tim Konsorsium Dian Tama

Semangit, swaraperiau.com – Semangit yang berada di dalam Kawasan Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS) ini, merupakan penghasil madu hutan dan habitat oranghutan. Selain itu wilayah semangit ini memiliki bukit semujan yang eksotik sebagai tempat panjat tebing dan menikmati indahnya hutan hujan tropis.

Secara administratif Semangit berada di Dusun Batu Rawan, Desa Nanga Leboyan, Kecamatan Selimbau, Kabupaten Kapuas Hulu. Untuk mengelola ekowisata di Semangit telah terbentuk Kelompok Pengelola Pariwisata (KPP) yang dinamakan KPP Semujan Dorsata.
Erwanto, ketua KPP Semujan Dorsata mengatakan Ekowisata di Semangit ini merupakan cermin ekonomi kerakyatan sehingga yang melibatkan masyarakat secara langsung. Adanya ekowisata masyarakat lebih termotivasi untuk menjaga hutan karena beebasis alam.
“Di dalam ekowisata ada program air bersih sehingga warga bisa menikmati air bersi jadi mereka harus jaga alam terutama pohon,” lanjut Erwanto, Senin, (6/2).

Basriwadi selaku Presiden Asosiasi Periau Danau Sentarum (APDS) menambahkan, Masyarakat sangat tergantung sekali dengan hutan terutama dengan produk unggulan semangit yaitu madu dan ikan apalagi sekarang ada ekowisata sebagai penambah penghasilan masyarakat.

Hamdani, sekretaris KPP Semujan Dorsata mengatakan bahwa, ekowisata ini sebagai gerakan kelestarian habitat lebah madu apisdorsata, habitat ikan dan orang utan pongo pigmeus.

“Atraksi unggulannya adalah panen madu yang dilakukan bersama sama dengan periau dan wisatawan yang di pandu oleh KPP semujan dorsata dan atraksi penangkapan ikan beramai-ramai yang dinamakan Krinan,” tutur Hamdani.

Erwanto menambahkan di semangit selain atraksi panen madu hutan atau puar muanyik dalam bahasa daerah, ada juga titik spot pemancingan toman dan sejenisnya, wisata semujan seperti panjat tebing, gua alam, tracking orang utan, kehidupan nelayan, dan untuk kulinernya adalah kerupuk basah, salai ikan dan ikan asin.

Masyarakat Semangit berharap KPP bisa mandiri dan menjadi objek ekowisata andalan kapuas hulu dan adanya ekowisata hutan atau kawasan bisa terjaga dengan baik dan menambah penghasilan masyarakat. (Irwan)

LEAVE A REPLY