Latih Masyarakat buat Pupuk Kompos Arang untuk Tanaman Pakan Lebah

0
254
Peserta yang hadir pada Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Doc: Tim Konsorsium Dian Tama/Ignatius Noreng

Lubuk Semulung, swaraperiau.com  Tim Konsorsium Dian Tama bersama masyarakat Dusun Lubuk Semulung, Sub Sentra Asosiasi Petikung Bunut Singkar (APBS) adakan pelatihan pembuatan pupuk kompos arang organik. Pupuk kompos arang organik ini nantinya akan digunakan untuk pembibitan dan penanaman pakan lebah. “Penanaman pakan lebah dimaksudkan untuk memperkaya keanekaragaman pakan lebah. Dengan beragamnya pakan lebah, diharapkan menambah jumlah madu yang dihasilkan oleh lebah dan menghasilkan madu yang berkualitas”, ujar Raimundus selaku Field Manager Tim Konsorsium Dian Tama, Kamis (8/12).

Pelatihan yang dilaksanakan di Rumah Kediaman Temenggung B. Melintang, Dusun Lubuk Semulung, berlangsung selama dua hari, yakni hari kamis dan jumat. Hari pertama difokuskan untuk penyampaian materi, kemudian dihari kedua dilanjutkan dengan praktek, sebagai tindak lanjut dari materi yang telah diperoleh dihari pertama.

Peserta yang hadir dalam kegiatan pelatihan cukup beragam, selain Tim Konsorsium Dian Tama sendiri, dari unsur masyarakat turut hadir Ketua Periau Lubuk Semulung, Temenggung Kantuk Semulung, Ketua RT 3 Dusun Lubuk Semulung, Anggota Petikung Lubuk Semulung dan Anggota Kelompok Perempuan Petikung Lubuk Semulung.

Raimundus, dalam sambutannya mengatakan, Tujuan utama kegiatan ini adalah bagaimana upaya untuk meningkatkan produksi madu dan ikan, meningkatkan kualitas madu yang dihasilkan, memelihara hutan/alam sekitar, dan agar terdokumentasinya segala praktek dan pengetahuan terbaik masyarakat lokal berkenaan dengan pengelolaan Sumber Daya Alam.

Benyamin Wilson, selaku pemateri pelatihan dalam pemaparannya menjelaskan, kenapa organik, alasannya yakni pertama bahan mudah di dapatkan/tersedia di alam. Kedua mudah di kelola/diterapkan/dimanfaatkan/digunakan. Tidak berbahaya, tidak mengandung racun/non toxic. Memperbaiki kualitas tanah. Mempunyai unsur hara yang lengkap Kesehatan lingkungan menjadi baik, manusia yang sehat. Sebagai hubungan imbal balik pada alam, apa yang kita ambil harus kita kembalikan. Dan alasan terakhir yakni akan timbul ke anekaragaman yang lestari.

“Dengan adanya variasi/keanekaragaman, memperkaya sumber pakan lebah. Dengan pakan lebah yang kaya diharapkan mengundang lebih banyak lebah yang akan menghasilkan madu yang banyak dan berkualitas”, Tegas Wilson yang juga merupakan pegiat lingkungan, khususnya pertanian organik. (Ben)

LEAVE A REPLY