Internal Control System sebagai Implementasi Praktek Terbaik Komunitas

0
154
Kaum perempuan peserta pelatihan ics madu hutan. Doc: Tim Konsorsium Dian Tama

Nanga Lauk, swaraperiau.com – Ciptakan produk unggulan masyarakat yang berdaya saing, anggota Koperasi Kebayan Banjar Bersatu didampingi Tim Konsorsium Dian Tama, secara bersama-sama menyusun sistem penjaminan mutu internal madu hutan, Sabtu (4/2).

“Internal Control System (ICS) atau lebih mudah disebut sistem penjaminan mutu internal adalah sistem penjaminan yang disusun, dibuat sendiri oleh komunitas, kemudian diterapkan dan dipatuhi secara bersama-sama oleh komunitas,” jelas Raimundus, Field Manager Site II DAS Kapuas, Proyek Kemakmuran Hijau Millenium Challenge Account-Indonesia (MCA-Indonesia), Konsorsium Dian Tama, dalam pemaparannya ketika memberikan pengantar pelatihan.

Demikian pula dijelaskan oleh Thomas Irawan Sihombing, Project Manager Konsorsium Dian Tama, menurutnya ICS harus dibangun berdasarkan praktek terbaik yang dimiliki oleh komunitas, kalau komunitas tidak memiliki praktek terbaik, maka ICS tidak bisa dijalankan.

Irawan menjelaskan bahwa, ICS adalah sebuah sistem, merupakan kumpulan dari komponen-komponen, saling berhubungan antara satu dengan yang lain, dengan cara tertentu, dalam batas tertentu, untuk menghasilkan hasil akhir bersama. Ketika ada komponen yang tidak berfungsi dengan semestinya, maka sistem tersebut tidak dapat berjalan atau berfungsi sesuai dengan sebagaimana mestinya.

“Komponen-komponen tersebut saling behubungan, berinteraksi dengan batasan tertentu, dan dengan cara tertentu, semua cara berinteraksi tersebut dimasukan dalam dokumen standar, menjadi aturan atau kesepakatan internal,” Jelas Irawan.

“Tujuan dari praktek terbaik adalah untuk menghasilkan produk unggulan, berbicara ICS berarti membicarakan unggulan, jika suatu komunitas tidak memiliki praktek terbaik sendiri, boleh menggunakan atau mengadopsi dari praktek terbaik yang dimiliki orang lain atau komunitas lain,” tambah Irawan.

Sejalan dengan penjelasan Irawan, Raimundus menambahkan bahwa, Karena ICS merupakan implementasi praktek terbaik masyarakat, maka pengawasannya dilakukan oleh orang dalam, oleh komunitas, oleh masyarakat itu sendiri. (Ignatius Noreng)

LEAVE A REPLY